Jumat, 10 Maret 2017

mengembalikan tingkat kesuburan tanaman

tingkat kesuburan tanah menjadi hal yang mendasar atau tolak ukur hasil tanaman yang kita tanam. semakin subur tanah dengan unsur hara yang bagus maka bisa dipastikan tanaman akan menjadi subur , terutama buat tanaman buah yang menggunakan media pot. jadi mutlak yang harus dierhatikan adalah komposisi tanah yang pas buat tumbuhnya tanaman.

tentu kita yang biasa menaman pasti pernah merasakan tanaman yang kurang sehat. bisa terjadi karena penggunaan pupuk kimia maupun pestisida yang berlebihan atau karena beberapa faktor yang membuat tanah kurang subur sehingga membuat tanah menjadi kering. imbasnya adalah hara tanah menjadi kurang baik buat tanaman. Nah berikut ini ada beberapa cara untuk meningkatkan kesuburan tanah atau mengembalikan unsur hara tanah menjadi lebih bagus:

  1. menggemburkan tanah dengan membalik tanah. bisa dilakukan dengan menggunakan alat yang biasa kita gunakan untuk bercocok tanam. semisal cotok ataupun cangkul. hal ini bertujuan membuat tekstur tanah menjadi lebih lunak sehingga pertumbuhan akar bisa menjadi sempurna.
  2. memberikan pupuk alami (kompos/humus). pemberian kompos atau kotoran ternak ini bertujuan untuk menambah zat hara organik pada tanah. seperti halnya telah kita ketahui indikasi tanah yang kurang subur adalah kering, sehingga pemberian kompos dapat membantu mensuplai kebutuhan hara tanaman
  3. memberikan kapur dolomit. tanah yang kurang subur cenderung memiliki tingkat keasaman yang tinggi. sehingga langkah bijaknya kita bisa mengatur agar PH tanah tidak tinggi da juga tidak kurang. jadi langkah yang bisa kita lakukan bisa dengan manaburkan dolomit untuk menjaga tingkat keasaman tanah agar tetap stabil.
(sumber: kabartani.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar