Minggu, 03 Mei 2015

Anak yang kita nantikan


Sungguh luar biasa perjuangan cinta kasih seorang ibu yang mendambakan si buah hati begitulah sekilas yang terlintas dalam fikiranku. tak pernah terbayang sedikitpun perjuangan melahirkan seorang anak kedunia ini sebelemnya begitu sulit, namun hal itu terjadi manakala sudah saatnya saya dinobatkan menjadi seorang ayah. Sungguh merasa terharu, bahagia, bangga semua hal yang bisa diucapkan rasa senang dengan hadirnya buah hati dalam kehidupan kami.


Tak sengaja saya baca diary istri perihal proses persalinan yang luar biasa hebat serta penuh perjuangan, bahkan dengan luar biasanya istri sampai bertaruh mengorbankan hidupnya demi lahirnya si buah hati kami.  Sejenak coba saya bagi cerita ini sebagai siapa tau dapat memberikan inspirasi buat pembaca.

Berikut tulisan asli karya istri tercinta Annisa Nova Dzikriana :)
Rabu, tgl 17 september --- Nah!  jadwal periksa dokter kandungan seperti biasa di UK 39w3d.  Waktu itu aku antrian nomor dua baru datang langsung masuk ke ruang periksa. Alhamdulillah kata dokter ketuban cukup dan jernih, placenta di atas, tidak ada lilitan tali pusar, semuanya lengkap tapi posisi bayi telentang /menengadah atau letak puncak jadi kata dokter bakalan sulit sekali untuk melahirkan normal. Dan posisi seperti itu menyulitkan bayi untuk  turun dan mencari jalan lahir. Aku jadi ingat temen kerjaku yang punya riwayat sama dan dia melahirkan  SC. Setelah mendengar penjelasan dokter aku kepikiran banget dan kuatir banget. Karena aku dan suamiku ga menyiapkan biaya untuk lahir SC. Untungnya suamiku menguatkan dan memberi motivasi kalau aku yakin dan terus berdoa insya Allah aku bisa melahirkan alami. Hmm jadi makin sayang sama suami. Aku beruntung banget punya suami yang telaten. Malem harinya aku dan suami melakukan relaksasi hypnobirthing seperti biasa dan memberikan afirmasi positif pada diri sendiri dan bayiku supaya dia merubah posisinya.
“ Anakku yang sholih/sholihah ayo rubah posisimu, ayo telungkup ga boleh telentang biar kamu bisa cari jalan lahir dengan mudah. Ayo bantu bunda dan ayah. Ayo bantu bunda untuk melahirkanmu secara alami tanpa induksi, rangsangan obat atau operasi. Kita berdoa sama-sama, kita berdoa sama Allah agar semua menjadi mudah, karena hanya Dia yang bisa menolong kita.”

Kurang lebih begitu afirmasi yang aku sampaikan ke bayiku. Dan hal itu ku lakukan sesering mungkin terutama seusai sholat.

Keesokan harinya……
Kamis, tgl 18 september --- aku mencoba alternatif  ikhtiar lain. Aku memutuskan untuk terapi akupresur yang menekankan pijatan pada titik2 tertentu pada bagian tubuh. Sebelumnya aku tanya pada terapis apa dia sanggup membantuku merubah posisi bayi dia menjawab “saya usahakan, karena sulit kalau sudah hamil tua apalagi Sembilan bulan”. Aku ga peduli mau sulit mau ga bisa yang penting ada usaha dulu. Akhirnya aku di terapi bun. Terapinya ga sakit, saat di terapi aku merasakan bayiku bergerak terus. Sang terapis juga mencari titik kontraksiku. Terapis bilang aku harus kembali hari sabtu sebelum HPL tiba. Okelah kalo beggitu …

Jum’at, tgl 19 september---- malam hari sekitar jam 11 tiba-tiba perutku sakit,  seperti nyeri haid dan perutku kenceng-kenceng. Aku masih cuek biasanya kayak gini hanya kontraksi palsu.

Sabtu, tgl 20 september ---- jam 01.00 perutku kontraksi lagi, miss V seperti disundul2 .ku hitung jeda kontraksinya masih 30 menit sekali. Aku bolak-balik ke kamar mandi dan ga bisa tidur. Sampai-sampai suamiku juga ga tidur takut lahiran malem ini. Walhasil dia nungguin terus sampai subuh datang eh kontraksi malah ilang. Kontraksi timbul lagi malemnya dan tambah sakit. Tapi kali ini suamiku tertidur pulas meninggalkanku kesakitan ( hmm kasian mungkin dia kecapean).
                   
Minggu, 21 september--- pagi hari aku jalan-jalan keliling kampong sama suami sekalian yang jauh biar debay cepet turun.  ba’da ashar aku baru punya inisiatif periksa ke bubid dekat rumah. Sampai disana langsung di VT bun..wah bu bidan yang satu ini kalau VT agak kasar aku tahan deh rasa sakitnya. Bu bidan bilang baru pembukaan1.  Wihh aku kaget padahal ga da flek ga ada lendir.  dalam hati mungkin nanti malem udah lahir si debay. Makin malam makin sakit makin kenceng perutku bun. Udah meringis nahan sakitnya. Udah pengen ke RS aja buat ngamar tapi kata ibuku tahan aja dulu sakitnya sampai sakit banged. 

Wadaw ibu ini udah sakit banged, masih ada yang banged banged kah sakitnya. Tengah malem aku bangunin suami biar siap-siap ke RS karena aku udah ga tahan. Malem-malem akhirnya pergi ke RS boncengan bertiga. Nyampe di RS di VT lagi hmm bunda tar kalo di VT yang rileks ya jangan kaya aku ampe susternya marah2 karena aku ga rileks. Susternya bilang masih buka 2 tipis. Ya Allah lama banged bukaan segini aja udah sakit bangedapalagi tangga berikutnya. Setelah itu aku di CTG dan hasilnya normal.

Senin, 22 september --- hari itu hari perkiraan lahir aku masih di RS dan ga bisa tidur sama sekali. Aku Cuma kasian sama ibu dan suamiku yang nungguin ikut ga tidur juga. Hmm mereka emang bener2 berharga untukku. Oh iya bunda aku masuk ke RS ini pake BPJS tapi tetep bayar Karena RS swasta. Yasudahlah paling bayar separuh. Setelah sholat subuh aku di check VT lagi bukaan Cuma naik 1 tingkat dan aku memilih untuk pulang saja istirahat di rumah. Pagi menjelang siang aku ngerasa ada yang keluar dari miss V, bener aja lendir dan darah banyak banged. Rasa sakitnya juga makin banged, yang bisa ku lakukan mondar-mandir elus2 perut sama sekali ga bisa istirahat bun. Siangnya aku pingsan mungkin karena lelah dan nahan sakit berhari-hari. Ibu dan suamiku panic nyari tumpangan mobil tapi ga dapet akhirnya aku milih naik motor aja. Tahu ga bun ternyata Faskesku ngerujuk ke bu bidan bukan ke RS yang sebelumnya. Ya sudah aku langsung pergi ke bu bidan, sampai disana Cuma ada asistennya langsung cek VT bukaan 3, eh si asisten nelpon temennya lagi kayaknya dia ga yakin pas VT aku bun, hmmmm walhasil aku di VT lagi (kyak uji coba ja sudah) emank enak pa di VT terus toh hasilnya tetep sama bukaan 3. Si asisten bilang “kalo di VT itu mba ga boleh sering2 minimal 4 jam sekali baru di VT lagi.” Yahhh belum lama dia bilang gitu, selang berapa jam eh ada bidan Nita datang mau periksa.
Ya Allah Rabbi …….. udah berapa kali dapet sentuhan menyakitkan katanya ga boleh sering2. Yowes nurut aja. Bukaan naik satu tingkat menjadi 4 dan bukaan 4 ini bertahan sampai malam bun padahal yang barengan aku melahirkan udah lahir duluan. Aku bilang sama suami kalo aku udah ga tahan sakitnya dan lagi-lagi aku pingsan bun. Bu bidan udah datang dan nawarin aku buat infus karena kondisiku udah lemah takutnya ga kuat ngejan. Jam 12 teng! aku di VT masih bukaan 7-8 sakitnya subhanallah yang ga kuat itu bun nahan ngejan. Aku bolak-balik kamar mandi ku pikir mau BAB tapi ibuku bilang itu bukan BAB tapi bayinya dah mau turun. Ga tahan pengen BAB si asisten rangsang aku buat BAB kayak dimasukin selang gitu ke dubur. Alhamdulillah aku langsung BAB tapi tetep aja ada yang ganjel pengen ngejan terus.

Selasa, 23 september---- Jam 3 di cek bukaan masih tetep 7-8 sedangkan aku udah ga kuat nahan pengen ngejan. Bu bidan bilang dikit lagi bibir vagina sebelah kanan masih tebel. Oh mY God dengan cara apa lagi aku nahannya tarik nafas dalam2 lalu hembuskan udah ga ngefek banged,aku  udah remes2 tangan suami, udah nyubit2 tangan ibuku bahkan si Assisten juga jadi sasaran. Aku curi-curi untuk ngejan untungnya si  bu bidan diem aja. Ngeliat aku kesakitan dan ngejan terus bu bidan akhirnya ambil keputusan untuk mecahin ketubanku, kepala debay udah dibawah banged kendalanya Cuma bibir vagina sebelah kanan tebel jadi ga buka2. YA Allah mudahkanlah, Ya Allah selamatkan aku dan bayiku, kalaupun akhirnya Kau ambil aku lebih dulu  aku ikhlas asal bayiku selamat. Aku berpikiran apa karena posisiny telentang jadi sulit sekali buka 10. Kondisiku juga udah lemah. Aku ngeliat ibu dan suamiku udah pada nangis dan terus aja dzikir dan bilang “kudu kuat yo nak”  Bu bidan juga terus kasih motivasi aku “Ayo semangat mbak! Tiap kali kontraksi dan pengen ngejan, ngejan aja” Entah berapa kali aku ngejan bun,  bu bidan teriak “aYo semangat mbak bayinya putar paksi” aku tambah semangat bun dan entah kekuatan dari mana aku ngejan terakhir dan ……….akhirnya ku dengar tangisannya, keras banged bunda dia lahir  pas seusai sholat subuh. Subhanallah lega banged bun. suami dan ibuku langsung sujud syukur. Suami nyium aku sambil bilang “terimakasih bunda, bunda memang luar biasa” ga lama kemudian bapakku masuk dan bilang” itu namanya perempuan sejati nduk!”

Alhamdulillah rasa syukur tak terhingga bunda, akhirnya aku bisa melahirkannya dengan alami tanpa induksi, rangsangan atau operasi. Dia pintar bunda, dia mendengarkan afirmasi2 yang aku sampaikan selama dalam kandungan. Posisinya ternyata udah berputar dan itu amazing n subhanallah ! .Sekali lagi pertolongan Allah sungguh nyata. Tak usah takut dan khawatir yang penting positif thinking dan yakin bisa!. Doa itu kekuatan terbesar dalam hidup kita bun! Terus berdoalah!

Kunci dari perjuangan orang yang kita kasihi terletak sejauh mana rasa cinta, dukungan kita terutama dalam hal ini adalah suami. Sekilas mungkin suami berpendapat itu sudah tugas istri yang melahirkan. waaaaaaaait saya rasa itu adalah statement yang bodoh suami jika membiarkan istri menanggung sendiri. justru sebaliknya peran suami dalam mensupport istri yang akan melahirkan sangat diharapkan istri. Disitulah letak kedekatan, rasa care kita, serta betapa pentingnya kehadiran si kecil ditengah-tengah kita. Subhanallah rasa syukur, takjub selalu terucap untuk mensyukuri apa yang telah diberikan Allah kepada kita.

My baby girl lahir dengan berat 3kg dan panjang 49 cm. kami memberi nama dia FiLza Hanun Ufairah. Terimakasih untuk para bunda yang udah memberikan semangatnya meski kita belum pernah ketemu, terima kasih untuk sharingnya terutama bunda-bunda HPL SEPT-OKT semoga Allah memberikan kebaikan pada kalian semua. Maaf kalau terlalu panjang ceritanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar